Definisi Kontak Erat COVID19 dan Pencegahannya

Kondisi pandemi yang berkelanjutan menjadikan angka pencerita COVID19 semakin tinggi. Tidak bisa dipungkiri, di lingkungan terdekat kita pun mulai bermunculan kasus konfirmasi positif. Dalam kondisi seperti ini, ikhtiar menjaga diri semakin harus ditingkatkan agar virus ini tidak semakin menyebar dan membahayakan banyak orang.

 

Centre for Disease Control and Prevention (CDC) telah mengeluarkan panduan terbaru terkait definisi Kontak Erat COVID19. Dengan memahami hal ini, kita bisa melakukan hal preventif:

(1) Menerapkan protokol sehingga tidak kontak erat dengan orang-orang secara umum

(2) Menjaga diri dari kontak erat dengan kasus positif ketika harus membantu saudara/tetangga yang terkonfirmasi positif.

 

Adapun definisi Kontak Erat menurut CDC adalah: Seseorang yang berada dalam jarak kurang dari 6 kaki (1,8 meter) dari orang yang positif COVID19, selama 15 menit akumulatif dalam 24 jam. Hal ini termasuk kategori Kontak Erat jika terjadi mulai dari 2 hari sebelum gajala timbul atau 2 hari sebelum tes PCR dilakukan hingga masa isolasi. 

 

Di antara angka acuan yang penting dalam definisi di atas adalah:

  • Jarak 1,8 meter
  • Waktu 15 menit (dalam 24 jam)

 

Angka-angka ini bisa dijadikan acuan dalam beraktifitas di luar rumah. Contohnya masjid yang menyelenggarakan sholat berjamaah. Selama shaf antar jamaah ditetapkan 1,8 meter, maka tidak akan terjadi kontak erat selama penyelenggaraan sholat. Atau ketika terpaksa berjarak kurang dari 1,8 meter, maka usahakan kurang dari 15 menit berada di tempat tersebut.

 

Acuan ini juga bisa dilakukan ketika harus membantu saudara/tetangga yang positif COVID19. Selama dijaga jaraknya sekitar 1,8 meter, atau total waktu interaksi harian diminimalisir di bawah 15 menit, maka tidak termasuk kategori Kontak Erat.

 

Namun ada hal yang belum dibahas oleh definisi CDC di atas; yaitu penggunaan masker dan ventilasi udara. Hal ini mungkin karena sulitnya mendefinisikan tingkat filtrasi masker maupun tingkat ventilasi udara, sehingga lebih amannya memang dipukul rata saja; 1,8 meter dan 15 menit interaksi. Logikanya, semakin baik masker yang digunakan dan semakin baik ventilasi ruangan, bisa memberikan ruang toleransi pada definisi kontak erat di atas. Mari tetap sabar berprotokol; pakai masker, jaga jarak, jaga ventilasi. Semoga wabah segera pergi, dengan izin Allah. (sm)

 

Referensi: www.cdc.gov

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.