Dr. H. Muhammad Choirin, Lc., MA:Membangun Rumah Tangga Islami

Membangun Rumah Tangga Islami

Dr. H. Muhammad Choirin, Lc., MA

 

الْحَمْدُ لله الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِين، وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَآلَ آلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِين. أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُه.

فَيَا عِبَادَ الله أُوْصِنِي نَفْسِي وَإِيَّاكُمْ بِتَقْوَى اللهِ وَطَاعَتتِهِ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُون. قَالَ اللهُ تَعَالَى فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْم، أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمْ: ﴿يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱتَّقُواْ ٱللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِۦ وَلَا تَمُوتُنَّ إِلَّا وَأَنتُم مُّسۡلِمُونَ١٠٢  أما بعد...

الله أكبر، الله اكبر، الله اكبر. لا اله الا الله، الله اكبر، ولله الحمد.

Alhamdu Lillah, Alhamdu Lillahi Rabbil ‘Alamin, Wassholatu Wassalamu ‘ala Nabiyyina Muhammadin, Wa’ala Alihi Wa Shohbihi ‘Ajmain.

Asyhadu Alla Ilaha Illallah, Waasyhadu Anna Muhammadan Abduhu Wa Rosuluhu. Faya ‘Ibadallah, Usini Nafsi Waiyyakum Bitaqwallah, wa Tho’atihi La’allakum Fuflihun. Qolallahu Ta’ala fi Kitabihil Karim, A’uzdubullahi Minasyaithonirrojim: Ya Ayyuhalladzina Amanuu Ittaqullah Haqqo Tuqotihi Wala Tamutunna Illa Waantum Muslimun.

Amma Ba’du…

Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar. La Ila Illa Allah, Allah Akbar Walillahil Hamdu.

 

Jama’ah Solat Idul Fitri yang dimulyakan Allah….

 

Sebagai muslim, kita mengetahuai bahwa Allah SWT tidaklah menciptakan kita kecuali untuk menyembah kepada-Nya: “Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.“ (QS. Az-Dzariyat: 56).

Ketika masih berada di alam rahim, Allah SWT telah mengambil perjanjian kesiapan dari manusia untuk menyembah hanya kepada-Nya. Ruh tersebut menjawab dengan tegas bahwa mereka bersaksi tiada Tuhan selain Allah yang berhak mereka imani dan mereka sembah. Allah bertanya kepada ruh tersebut:

أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ قَالُوا بَلَى شَهِدْنَا أَنْ تَقُولُوا يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَذَا غَافِلِينَ

“Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi”. (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami adalah orang-orang yang lengah terhadap (ketauhidan) ini” (QS. Al-A’raf: 172)

Di dalam kehidupan ini ada berapa tipologi keluarga. Marilah sejenak kita melihat satu persatu dari tipologi yang pernah dijelaskan dalam al-Quran. Ada keluarga yang baik bapak ibunya, namun anaknya durhaka; seperti Nabi Adam salah seorang anaknya durhana bakan membunuh saudaranya sendiri. Ada keluarga yang suaminya solih, namun istri dan anaknya durhana melawan ajaran mulia; seperti nabi Nuh yang keluarga justru menjadi musuh dakwahnya. Ada juga yang isterinya solihah, namun suaminya sosok yang sombong dan dholim; seperti Firnaun nan lalim karena mengaku tuhan. Meski demikian, sang Asiyah istri salihah menghamba pada Allah.

Sosok keluarga yang diidamkan adalah seperti keluarga Ibrahim. Seluruh keluarganya solih, Ibrahim adalah suami dan ayah yang solih, bijaksana dan penuh keteladanan. Siti Sarah dan Siti Hajar adalah sosok istri sekaligus Ibu teladan dan keibuan. Begitu juga dengan sang anak, Ishaq dan Ismail adalah anak Ibrahim yang solih hingga kemudian diangkat menjadi utusan Allah.

Setiap kita tentu menginginkan memiliki rumah tangga seperti keluarga Ibrahim. Yang terdiri dari suami bertanggung jawab nan kasih sayang, ditopang dengan kelembutan istri dan keteladanan. Akan menghasilkan anak keturunan seperti Ishaq dan Ismail yang mengetahui ajaran Tuhan dan penuh ketataan.

Dalam momen bahagian penuh kebersamaan ini, marilah kita berdoa dengan doa yang pernah dipanjatkan oleh Nabi Ibrahim semoga kita diberikan taufiq untuk dapat mewujudkan keluarga mulia sebagaimana yang telah diteladankan oleh Nabi Ibrahim.

﴿رَبِّ هَبۡ لِي حُكۡمٗا وَأَلۡحِقۡنِي بِٱلصَّٰلِحِينَ  ٨٣ وَٱجۡعَل لِّي لِسَانَ صِدۡقٖ فِي ٱلۡأٓخِرِينَ  ٨٤ وَٱجۡعَلۡنِي مِن وَرَثَةِ جَنَّةِ ٱلنَّعِيمِ  ٨٥ وَٱغۡفِرۡ لِأَبِيٓ إِنَّهُۥ كَانَ مِنَ ٱلضَّآلِّينَ  ٨٦ وَلَا تُخۡزِنِي يَوۡمَ يُبۡعَثُونَ  ٨٧

Artinya:  (Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh. Dan jadikanlah aku buah tutur yang baik bagi orang-orang (yang datang) kemudian. Dan jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mempusakai surga yang penuh kenikmatan. Dan ampunilah bapakku, karena sesungguhnya ia adalah termasuk golongan orang-orang yang sesat. Dan janganlah Engkau hinakan aku pada hari mereka dibangkitkan. (QS. Al-Syu’ara/26: 83-87

 

Marilah kita bersama-sama kita berusaha untuk menjadi pribadi yang solih dan solihah hingga dapat mewujudkan rumah tangga teladan.

 

DOA

 

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِينَ وَالْمُسْلِمَات وَالْمُؤْمِنَينَ وَالْمُؤْمِنَات الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَات، إِنَّكَ سَمِيْعٌ قَرِيْبٌ مُجِيْبُ الدَّعَوَات، وَيَا قَاضِيَ الْحَاجَات. اللَّهُمَّ اغْفِرْ لَنَا وَلِوَالِدَيْنَا وَارْحَمْهُمْ كَمَا رَبَّوْنَا صِغَارَا. رَبَّنَا اغْفِرْ لَنَا وَلِإِخْوَانِنَا اَّلذِينَ سَبَقُونَا بِالْإِيمَان، وَلَاتَجْعَلْ فِي قُلُوْبِنَا غِلًّا لِلَّذِينَ آمَنُوا رَبَّنَا إِنَّكَ رَؤُوْفٌ الرَّحِيم.

Ya Allah, kami bermohon kiranya Engkau ya Allah menjadikan Al-Qur’an sebagai penyejuk hati kami, cahaya mata kami, penyingkap keresahan dan pengusir kesedihan dan kesusahan kami.

Ya Allah, Engkau telah menganugerahkan kepada kami rasa manisnya iman dan rasa aman, sehingga kami bersaksi bahwa kami telah meraih sebaik-baiknya nikmat berkat anugerah dan kebaikan-Mu. Ya Allah, peliharalah kami dari godaan syetan yang selalu memerangi kami dalam usaha mendekatkan diri kepada-Mu. Kepada-Mu ya Allah berpulang segala urusan, wahai Tuhan yang mengetahui segala yang gaib. Ya Allah terangilah keimanan kami dengan secercah cahaya-Mu, sinarilah zikir kami dengan hidayah-Mu.

Ya Allah kapada-Mu lah bersandar segala keluh, Engkaulah tumpuan hati kami, tiada sekutu bagimu. Ya Allah bersihkan hati kami dari rayuan materi sehingga kami tidak memandang yang mulia kecuali Engkau. Ya Allah yang maha bijaksana, kami berlindung kepadamu dari tipu daya nafsu kami. Kami berlindung kepada-Mu dari kejahatan mereka yang iri terhadap anugerah nikmat-Mu. Ya Allah wahai yang menyempurnakan segala yang kurang, Yang memperkaya segala yang miskin, Yang memberi rasa aman segala yang takut, Yang mempermudah segala yang sulit. Ya Allah permudahlah untuk kami segala yang sulit, karena bagi-Mu mempermudah yang sulit amatlah mudah.

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَّتِنَا قُرَّةَ أَعْيُن وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِينَ إِمَامًا. رَبَّنَا لَا تُؤَاخِذْنَا إِنْ نَسِينَا أَوْ أَخْطَأْنَا رَبَّنَا وَلَا تَحْمِلْ عَلَيْنَا إِصْرًا كَمَا حَمَلْتَهُ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِنَا رَبَّنَا وَلَا تُحَمِّلْنَا مَا لَا طَاقَةَ لَنَا بِهِ وَاعْفُ عَنَّا وَاغْفِرْ لَنَا وَارْحَمْنَا أَنْتَ مَوْلَانَا فَانْصُرْنَا عَلَى الْقَوْمِ الْكَافِرِينَ. رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّار. وَصَلّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ وَالْحَمْدُ للهِ رَبِّ الْعَلَمِين.

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.