Tips Sederhana Menjaga Imun Saat Musim Hujan

Keterangan Gambar : Sumber: pixabay


Belum terlihatnya ujung dari pandemi yang kita hadapi saat ini semakin membutuhkan kesabaran panjang untuk menghadapinya. Di antara kesabaran yang paling penting adalah kesabaran menjaga imunitas tubuh.

 

Memasuki puncak musim hujan di Indonesia, menjaga imunitas menghadapi tantangan tersendiri. Banyak penelitian yang menunjukkan menurunnya imunitas tubuh saat cuaca dingin. Menurunnya imunitas saat cuaca dingin berhubungan dengan hal-hal berikut:

 

  • Menurunnya vitamin D di dalam tubuh

Vitamin D memiliki peran esensial dalam membangun imunitas tubuh. Cuaca dingin dan musim hujan seperti sekarang menjadikan tubuh kekurangan vitamin D karena rendahnya paparan sinar matahari sebagai sumber vitamin D yang utama.

 

  • Suhu rendah melemahkan respon imun

Sebuah studi di Amerika Serikat tahun 2015 yang dilakukan pada tikus menunjukkan menurunnya respon sel imun melawan virus pada kondisi suhu yang lebih rendah.

 

  • Kurang lancarnya peredaran darah

Rendahnya suhu menyebabkan darah tidak beredar dengan baik ke seluruh bagian tubuh, sehingga beberapa bagian tubuh menjadi kekurangan oksigen yang berujung menurunnya daya tahan tubuh.

 

  • Banyak beraktivitas dalam ruangan tertutup

Cuaca dingin dan hujan cenderung membuat kebanyakan orang memilih beraktivitas dalam ruangan tertutup. Hal ini mempengaruhi kualitas sirkulasi udara yang sehat, dan juga meningkatkan kontak erat dengan banyak orang dalam ruangan, sehingga membuka peluang terserang penyakit lebih besar.

 

Memperhatikan beberapa penyebab di atas, berikut tips yang bisa kita lakukan untuk menjaga imunitas tetap tinggi saat cuaca dingin:

  1. Konsumsi makanan dengan vitamin D tinggi seperti kuning telur, ikan tuna, ikan sarden, jamur, susu, dll. Pastikan kebutuhan vitamin D harian tercukupi di masa-masa rendahnya paparan sinar matahari seperti saat ini.

 

  1. Tidur yang cukup sekitar 7-8 jam sehari. Banyak riset yang menunjukkan bahwa tidur adalah aktifitas esensial dalam meningkatkan imunitas yang menurun.

 

  1. Tetap berolahraga walaupun di dalam rumah. Karena olahraga membantu melancarkan peredaran darah dan peredaran sel imun ke bagian-bagian terujung dari tubuh. Paksakan tubuh untuk melakukan pemanasan ringan setiap pagi.

 

  1. Banyak minum air putih. Tercukupinya cairan tubuh akan membantu peredaran darah dan menjadikan sel-sel tubuh berfungsi optimal. Minumlah air putih minimal 2 liter sehari.

 

Inilah 4 tips sederhana yang bisa dilakukan dalam meningkatkan imunitas, khususnya di musim hujan dan cuaca dingin seperti saat ini. Namun, jangan sampai dilupakan, bahwa selain meningkatkan imun, langkah preventif protokol mencegah paparan virus juga sangat penting. Tetap pakai masker, tetap jaga jarak, hindari berkumpul, apalagi sambil makan.

Semoga Allah mudahkan kita berikhtiar maksimal sebagai ibadah di jalan-Nya. (sm)

 

 

Referensi bacaan:
Medicalnewstoday.com
Health.detik.com
Ssihi.uci.edu

Facebook Comments

0 Komentar

TULIS KOMENTAR

Alamat email anda aman dan tidak akan dipublikasikan.