[Seri Tadabbur] Surat An-Naziat: 1-5

By Muslim ID |    755 Views 11 Mar 2021, 06:44:19 WIB Al-Qur`an
[Seri Tadabbur] Surat An-Naziat: 1-5

Keterangan Gambar : pixabay


Oleh: Dr. Atabik Luthfi MA



 وَٱلنَّـٰزِعَـٰتِ غَرۡقࣰا ۝ وَٱلنَّـٰشِطَـٰتِ نَشۡطࣰا

"Demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan keras. Dan demi (malaikat) yang mencabut (nyawa) dengan lemah lembut". (An-Nazi'at: 1-2)

Surat An-Nazi'at menurut Imam As-Sa'di diawali dengan lima sumpah Allah swt, terhadap para malaikat yang memiliki tugas mulia yang beragam. Dua ayat yang mengawali surat An-Nazi'at ini berbicara tentang tugas malaikat, yang dikaitkan dengan pencabutan nyawa manusia. Ada malaikat yang mencabut ruh dengan sekeras-kerasnya, dan ada pula yang mencabut dengan lembut.


Kedua cara malaikat mencabut ruh tersebut, dimaksudkan untuk memberi balasan awal saat kematian, yang ditentukan oleh amal manusia. Jika ia termasuk orang beriman yang ta'at, maka dicabut dengan perlahan dan lembut, sebagai balasan atas kebaikannya. Namun sebaliknya, jika ia termasuk golongan yang tidak beriman, atau banyak berbuat kejahatan, maka dicabut dengan sekeras-kerasnya. Kedua keadaan pencabutan ruh menjadi peringatan bagi yang masih hidup, agar terus beramal baik, jika ingin dicabut ruhnya dengan lembut.

Baca Lainnya :


وَٱلسَّـٰبِحَـٰتِ سَبۡحࣰا ۝ فَٱلسَّـٰبِقَـٰتِ سَبۡقࣰا ۝ فَٱلۡمُدَبِّرَ ٰ⁠تِ أَمۡرࣰا

"Demi (malaikat) yang turun dari langit dengan cepat, dan (malaikat) yang mendahului dengan kencang,
dan (malaikat) yang mengatur urusan (dunia)". (An-Nazi'at: 3-5)

Ayat-ayat ini masih berbicara tentang para malaikat, yaitu malaikat dengan dua sifat utama dan tugas yang lengkap. Sifat malaikat yang turun dari langit untuk menjalankan perintah Allah, karena mereka tinggal di langit. Dalam menjalankan perintah Allah dari langit ke bumi, mereka saling mendahului dalam rangka menta'ati perintah Allah swt. Semua urusan makhluk di dunia diatur dan dijalankan oleh malaikat, atas perintah Allah swt.


Demikian gambaran tentang malaikat yang sangat mulia; mulia ciptaannya, mulia tugasnya, dan mulia sifatnya. Tercipta dari cahaya, selalu melaksanakan semua perintah Allah swt tanpa terkecuali, dan tidak pernah ingkar dan maksiat...Subhanallah.

 

(Bersambung)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment