Ingin Dicintai Allah SWT? Amalkan Yang Sedikit Namun Kontinu

By Admin |    52 Views 16 Okt 2024, 15:39:50 WIB Hikmah
Ingin Dicintai Allah SWT?  Amalkan Yang Sedikit Namun Kontinu

Oleh: Fachrudin Abu Mufti (Rumah Buku Mufti Agency Bandung)


Dari Aisyah radhiallaahu anha,Nabi shallallaahu alaihi wa sallam bersabda

Baca Lainnya :

 سُئِلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَيُّ الْأَعْمَالِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ قَالَ أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ وَقَالَ اكْلَفُوا مِنْ الْأَعْمَالِ مَا تُطِيقُونَ


"Nabi shallallaahu alaihi wa sallam pernah ditanya, ‘Amalan apakah yang paling dicintai Allah ?’ Beliau bersabda, ‘Yang dikerjakan terus menerus walaupun sedikit.’ Lalu beliau bersabda, ‘Beramallah sesuai dengan kemampuan kalian.’" [HR Bukhari No 5984]


Renungan
Tiada lagi hari tanpa salat jamaah di masjid, tiada hari tanpa salat malam, tiada hari tanpa istigfar, tiada hari tanpa membaca Al-Qur`an, tiada hari tanpa salat duha, tiada hari tanpa puasa senin-kamis.

Itulah contoh amal saleh harian yang dapat dilakukan oleh tua-muda, kaya-miskin.

Untuk melalukan amalan harian tersebut secara kontinu, istikamah tidak semena-mena jadi, tapi perlu perjuangan dan pengorbanan.

Untuk Kontinu, Istikamah melaksanakan amal harian tersebut awalnya berat, banyak rintangan menghadang dan melawan nafsu godaan setan.

Amal harian baik akan melahirkan amal baik berikutnya.

Bisa jadi kita melakukan satu amal saleh sudah rutin, terus-menerus, maka akan  termotivasi untuk melakukan amal harian saleh yang lainnya, contohnya kita sudah rutin salat malam tiap hari, maka akan termotivasi untuk melakukan salat duha tiap hari dan seterusnya.

Jika kita beramal harian sesekali namun banyak, kadang akan muncul rasa malas dan jenuh. Sebaliknya jika kita beramal sedikit namun terus menerus, maka rasa malas pun akan hilang dan  semangat untuk beramal harian akan selalu ada.

Itulah mengapa kita dianjurkan untuk beramal  yang penting kontinu walaupun jumlahnya sedikit

Jika amal harian dilakukan dengan ikhlas hanya karena Allah SWT, biasanya akan bertahan lama.

Ya Allah
Ampunilah kami, berilah kami rahmat, sehatkanlah kami, berilah kepada kami petunjuk dan berilah kami rezeki.
Karuniakan kepada kami anak anak yang saleh dan salehah dan bimbinglah kami untuk selalu dalam ketakwaan.

Ya Allah, kami memohon Kepada-Mu segala Kebaikan di Dunia dan Akhirat, kami Berlindung Kepada-Mu dari semua Keburukan di Dunia dan Akhirat.

Ya Allah, kami berlindung kepada-Mu dari siksa Jahanam, dari siksa kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, serta dari fitnah Dajjal.

Ya Allah, bersihkanlah hati kami dari Kemunafikan, dari riya, lisan kami dari dusta, dan bersihkan mata kami dari Khianat, sesungguhnya Engkau mengetahui pengkhianatan mata dan apa yang disembunyikan dalam dada.


#Menyebarkan Yang Benar Dari Sumber Yang Benar, Satu Hari Satu Hadits




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment